cari

Monday 8 May 2017

macam jenis senjata SNIPER atau penembak jitu

Assalamualaikum.....

Hari ini admin akan membahas senjata yang sering di gunakan penambak jitu atau sniper, Sniper atau penembak runduk, adalah seorang prajurit infanteri yang secara khusus terlatih untuk mempunyai kemampuan membunuh musuh secara tersembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan.

Istilah ini muncul pada tahun 1770-an, pada prajurit-prajurit Kolonial Inggris di India, dari kata snipe, yaitu sejenis burung yang sangat sulit untuk didekati dan ditembak. Mereka-mereka yang mahir memburu burung ini diberi julukan "sniper".[1]

Dalam beberapa dekade terakhir istilah sniper telah digunakan secara meluas dan tidak tepat, terutama oleh media. Istilah sniper, secara tidak tepat, digunakan untuk mendeskripsikan pelaku kriminal yang membunuh dengan menggunakan senapan laras panjang.

1. M40


M40 adalah senapan runduk standar yang digunakan oleh Korps marinir Amerika Serikat (United States Marine Corps/(USMC)) berdasarkan senapan Remington 700 yang dimodifikasi oleh USMC 2112 (Divisi persenjataan) di markas USMC Quantico, Triangle, Virginia menggunakan komponen dari berbagai penyalur. Senapan ini dibuat dalam empat varian yaitu M40, M40A1, M40A3, dan M40A5.

M40 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966. Perubahan menjadi seri A1 selesai dilaksanakan pada tahun 1970an, A3 pada tahun 2000an, dan A5 pada tahun 2009. Seri terbaru yaitu M40A5 sedang dalam proses pengembangan, sedangkan seri A1 diupgrade menjadi seri A3. Seri M40A5 dibuat dengan magazen yang dapat dilepas dan laras berulir agar dapat dipasang alat peredam suara.

M40 adalah tipe senapan runduk untuk kalangan militer dan merupakan hasil modifikasi dari Remington 700, senapan ini sejatinya dibuat dengan sistem popor utuh dari kayu (one pice stock). sedangkan popor untuk seri A1 dan A3 menggunakan bahan kaca serat (fiberglass) buatan McMillan, dan dilengkapi bidikan teleskopik tipe baru. Berat dari pemicu dari kedua tipe di atas antara 1,3 sampai 2,2 kg.

2. DRAGUNOV


Senapan Runduk Dragunov (bahasa Rusia: Снайперская винтовка Драгунова, Snayperskaya Vintovka Dragunova, disingkat jadi SVD), adalah senapan semi-otomatis yang dirancang oleh Evgeniy Fedorovich Dragunov di Uni Soviet pada tahun 1958 sampai 1963. Senapan ini adalah senapan pertama yang dibuat khusus untuk penembak jitu, dan lazim ditemukan di negara-negara mantan Blok Timur, negara-negara pecahan Uni Soviet, Timur Tengah, dan negara-negara lain yang berhubungan baik dengan Uni Soviet/Rusia seperti India, Vietnam, dan Venezuela. Senapan ini juga diproduksi lokal di India, China, dan Iran.

Pada tahun 1950-an, militer Uni Soviet sadar akan perlunya senapan yang akurat untuk dipakai pada tingkat peleton. Dan pada tahun 1958 dibuka tender antar para pembuat senjata Soviet untuk membuat senapan baru ini. Pemenang tender di atas adalah senapan yang dirancang tim yang dipimpin oleh Evgeniy Fedorovich Dragunov. Pada tahun 1963, SVD resmi dipakai Angkatan Darat Uni Soviet.

3. M1 GARAND


M1 Garand adalah senapan semi-otomatis pertama yang dijadikan senapan standar untuk infanteri. Senapan ini menggunakan peluru kaliber .30-06 Springfield. Senapan M1 Garand menggantikan senapan Springfield M1903 sebagai senapan standar militer Amerika Serikat pada tahun 1936. Kemudian senapan ini digantikan oleh senapan jenis M14 pada tahun 1957.

Senapan ini banyak digunakan pada Perang Dunia II dan Perang Korea. Pada Perang Vietnam tidak seberapa banyak lagi pemakaian jenis senjata ini. Mayoritas M1 Garand dipakai oleh tentara Amerika Serikat, tetapi ada juga yang dipinjamkan ke negara lain contohnya Indonesia yang ikut memakai senapan ini bagi bataliyon infanterinya. Pihak TNI juga sempat beberapa waktu yang lalu meminjam pakaikan senapan M1 Garand ini pada Departemen Kehakiman RI khususnya Lembaga Pemasyarakatan pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Namun sekitar awal tahun 2000 senjata ini ditarik kembali oleh TNI dari semua jajaran kantor Lembaga Pemasyarakatan.

No comments:

Post a Comment