cari

Friday 6 January 2017

MACAM-MACAM TANK (KENDARAAN LAPIS BAJA)

ASSALAMUALAIKUM

Disini admin akan mengulas beberapa tank yang ada di dunia militer, sebelumnya apa itu tank? Tank adalah kendaraan tempur lapis bajayang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Ciri utama tank adalah pelindungnya yang biasanya adalah lapisan baja yang berat, senjatanya yang merupakan meriam besar, serta mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan. Meskipun tank adalah kendaraan yang mahal dan membutuhkan persediaan logistik yang banyak, tank adalah senjata darat paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun, dan efek mentalnya terhadap infanteri.

Yuk langsung saja ini beberapa tank yang ada di dunia ini...

1. T-84 OPLOT-M (RUSIA)


Setelah runtuhnya Uni Soviet, Ukraina ditinggalkan dengan pabrik tank di Kharkov yang telah memproduksi tank tempur utama T-80UD (MBT). Dalam upaya untuk mengembangkan tank sendiri, diputuskan untuk mengambil desain T-80 dan memodifikasi desain untuk memenuhi kebutuhan militer Ukraina. Hasilnya adalah T-84 yang dari waktu ke waktu berkembang menjadi T-84 Oplot-M. Tank khusus ini telah banyak dimodernisasi untuk membuatnya menjadi salah satu tank yang paling canggih di dunia
Seperti kebanyakan tank Rusia / Soviet, Oplot dipersenjatai dengan senapan smoothbore 125mm yang dapat menembakkan berbagai peledak dan amunisi armor piercing, serta rudal anti-tank dipandu laser. Amunisi dimuat oleh autoloader yang memakan waktu sekitar delapan detik per putaran. Untuk menemukan dan mencapai target secara akurat kru menggunakan pemandangan panorama dan thermal imaging sementara pistol menggunakan komputer balistik - bagian dari sistem pengendalian tembakan yang memungkinkan tank untuk menembak dengan akurat pada saat bergerak. Selain armor reguler Oplot itu, tank juga telah memakai baja reaktif eksplosif dan sistem penanggulangan macet dan sistem yang membingungkan rudal anti-tank musuh .

2. AMX-56 LECLERC (PERANCIS)

Leclerc memasuki layanan aktif di militer Perancis pada tahun 1992 dan saat ini ada lebih dari 400 tank aktif di militer Prancis dan lebih dari 350 di Uni Emirat Arab. Untuk sebagian besar produksinya, Leclerc adalah tank yang paling mahal di dunia, berkat sebagian besar untuk sistem canggih yang ada pada tank tersebut.Tank pada umumnya  yang dirancang oleh MBT Barat menggunakan autoloader. Meskipun demikian, autoloader ini sangat cepat dan dilaporkan dapat memuat hingga 12 putaran satu menit untuk pistol smoothbore 120mm. Sebuah sistem pengendalian penembakan menggunakan semua sistem digital memungkinkan penembak untuk memilih enam sasaran dan menembak mereka semua dalam 30 detik. Pemandangan termal dan laser range finders semua bantuan dalam mengidentifikasi dan menargetkan musuh sejauh empat kilometer. Armor pada model terbaru dari tank ini termasuk tungsten dan titanium modul dan modul peledak armor reaktif. Semua teknologi canggih ini lebih lanjut dilindungi oleh laser dan sistem peringatan rudal, serta umpan inframerah dan granat anti-personil.

3. LEOPARD 2A7 (JERMAN)

Memasuki layanan pada tahun 1979, Leopard 2 merupakan tank 'tua' tapi tetap menjadi salah satu yang terbaik dari semua senjata darat yang berada di pasar saat ini. Hal ini berkat upgrade yang cukup besar selama bertahun-tahun.Tank 2A7 mengambil semua kemampuan dari versi sebelumnya dan menggabungkan perbaikan yang muncul sebagai hasil dari pengalaman menggunakan tank di perang kota - seperti Irak. Leopard 2 dipersenjatai dengan senapan smoothbore 120mm yang mampu menembakan berbagai amunisi, termasuk kemampuan untuk memecat rudal dipandu LAHAT buatan Israel. Pistol sepenuhnya stabil dan terkait dengan temuan laser dan berbagai sistem yang semuanya memungkinkan tank untuk mencapai target sejauh 5 kilometer pada saat bergerak. Perintah dan informasi sistem yang terintegrasi, bersama ditingkatkan siang hari dan situs termal memberikan Leopard terbaru 2 keuntungan di medan perang ketika datang  berburu tank lainnya. Untuk perlindungan, Leopard 2 tidak menggunakan baja reaktif eksplosif melainkan menggunakan dasar armor multi-layered komposit lebih yang ditempatkan armor berbentuk modular untuk tingkat perlindungan.

4. K2 BLACK PANTHER (KOREA SELATAN)

Pada pertengahan 1990-an, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk mulai mengembangkan tank yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri. Hasilnya adalah K2 Black Panther dibangun oleh Hyundai yang beroperasi 2013/14. Pada pandangan pertama, K2 tampak seperti tank Barat dengan sasis persegi besar dan menara erat menyerupai Leopard 2 dan Leclerc. Menggunakan versi lisensi dibangun dari gun smoothbore Leopard 2 ini 120mm serta 1500HP mesin diesel Jerman. Autoloader ini sangat mirip dalam desain dan kinerja ke Leclerc dan dapat memungkinkan tank untuk menembak sekitar 10 putaran satu menit. Penembak dan komandan memiliki  pemandangan termal hari dan malam terbaru dan dalam kombinasi dengan manajemen medan perang tank dan komando dan kontrol sistem, membuat K2 salah satu tank pemburu-pembunuh yang paling efisien. Perlindungan disediakan oleh baja komposit diklasifikasikan dan tambahan peledak modul armor reaktif. Untuk perlindungan terhadap musuh rudal anti-tank dan roket, K2 dilengkapi dengan sistem proteksi aktif dan pasif. Sistem pasif memperingatkan ancaman masuk dan dapat mulai nge-jam dan menembakkan umpan. Sistem proteksi aktif, mirip dengan sistem 'Trophy' Merkava, akan berusaha untuk menghancurkan rudal yang akan memukul tank  dengan menggunakan peledak kecil. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan fitur ini sejalan Hyundai terbaru dari mobil dan SUV.

5. CHALLENGER 2 (INGGRIS)

Dalam pelayanan sejak tahun 1998, Tank Challenger 2 Inggris sering dinyatakan sebagai Tank Pelindung terbaik di dunia. Ini berkat  'Dorchester' sangat rahasia, armor nya yang dikatakan digabung bersama-sama dari berbagai lapis logam keramik. Tank Armor Challenger 2 begitu kuat, hal ini telah dibuktikan di Irak dalam berbagai kesempatan saat bertahan dari rentetan tembakan  roket granat musuh , Hanya satu yang pernah hancur. Selain armor reguler, tank ini juga dilengkapi dengan peledak modul armor reaktif. Tidak seperti kebanyakan MBT lainnya, Challenger 2 dipersenjatai dengan senapan 120mm yang memberikan tingkat akurasi yang tinggi. Membantu kru  tank menggunakan senjata dengan kemampuan yang terbaik dari pengendalian penembakan dengan sistem komputer buatan Kanada dan sistem informasi pertempuran buatan Inggris yang mengintegrasikan semua sistem tank dan menampilkannya secara bersama-sama.

6. M1 ABRAMS (USA)

M1 Abrams adalah generasi ketiga dari tank perang utama yang diproduksi oleh Amerika Serikat. Namanya diambil dari Jenderal Creighton Abrams, Kepala Staf dan Komandan Angkatan Perang Amerika Serikat di Vietnam pada 1968 hingga 1972. M1 memiliki persenjataan hebat, berlapis baja tebal, dan tank dengan mobilitas tinggi yang didesain untuk kendaraan tempur lapis baja. Keistimewaan yang dimiliki tank ini adalah mesin turbin gas (dengan bahan bakar JP8 jet fuel), mengadopsi lapisan baja komposit canggih, dan penyimpanan amunisi terpisah dalam kompartemen terpisah untuk keselamatan kru. Dengan berat mendekati 62 ton, M1 menjadi salah satu tank terberat yang masih digunakan.
M1 Abrams memulai pengabdiannya pada 1980, menggantikan 105 mm meriam, M60 Patton MBT. M1 menjadi tank perang utama resmi Angkatan Darat Amerika Serikat dan Korps Marinir Amerika Serikat, dan tentara Mesir, Kuwait, Saudi Arabia, Australia, dan pada 2010 Irak.
Tiga versi yang telah diproduksi, M1M1A1, dan M1A2, menggabungkan persenjataan yang semakin disempurnakan, perlindungan dan elektronika. Peningkatan ini sebagaimana peningkatan kemampuan secara periodik bagi tank tua sehingga mampu untuk tetap berada di garis depan. 

7.TYPE 99 (CHINA)

Type 99, merupakan tank generasi ke-3 yang dioperasikan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina. Tercatat sebagai salah satu tank tercepat di dunia. Nama lengkapnya adalah MBT ZTZ99, dianggap sebagai salah satu dari dua belas tank terbaik di dunia. harga per unitnya sekitar 2,5juta US dolar. Juga dikenal sebagai ZTZ-99 dan WZ-123. Varian terbarunya adalah jenis 99KM. Saat ini merupakan MBT paling canggih yang digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina. Mulai beroperasi pada tahun 2001.

Yak sampai sini dulu, insyallah akan admin tambah lebih lagi
Terimakasih

No comments:

Post a Comment