cari

Tuesday 3 January 2017

Pasukan elite INDONESIA

Assalamualaikum
Disini admin akan mebagikan logo-logo pasukan elite yang ada di indonesia, sebelumnya apa itu logo? Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan,daerah,organisasi,produk,negara,lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Yak langsung saja, ini adalah beberapa logo pasukan elite indonesia:



1.KOSTRAD
Komando Cadangan Strategis Angkatan Daratatau biasa disingkatKostradadalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki olehTNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki jumlah pasukan yang dirahasiakan dan selalu siap untuk beroperasi atas perintahPanglima TNIkapan saja. Saat iniKostradterdiri dari duaDivisi:
*.Divisi Infanteri 1/Kostradberada diCilodong, Depok
*.Divisi Infanteri 2/Kostradberada diSingosari,MalangSejarahCikal bakal Kostrad berasal

ketikaIndonesiapertama kali berurusan dengan isu kemerdekaanIrian Baratpada tahun1960. Kostrad kemudian dibentuk pada6 Maret1961dengan nama Korps Tentara Ke-1 / Cadangan Umum Angkatan Darat (KORRA I / CADUAD), berdasarkan surat keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961. Sebagai kesatuan yang paling muda, Kostrad merupakan inti kekuatan Komando Mandala (operasi trikoraatau pembebasan Irian Barat). Kemudian berganti nama menjadi Kostradpada tahun1963.Mayor JenderalSoeharto(yang kemudian menjadiPresiden Indonesia) dipercaya sebagai orang pertama yang menjabat Panglima Kostrad (Pangkostrad). Pada tanggal1 April1998Panglima Kostrad dijabat oleh Letnan JenderalPrabowo Subiantoyang merupakan anak mantu Soeharto.Selama masaOrde Baru, Korpsbarethijauini tidak pernah absen dari berbagai operasi militer di Indonesia, seperti penumpasanG-30-S/PKI,Operasi Trisula, PGRS (Sarawak People's Guerrilla Force) di Sarawak,PARAKU(North Kalimantan People's Force) di Kalimantan Utara danOperasi SerojadiTimor Timur. Kostrad juga dilibatkan pada tingkat internasional dengan diberangkatkannyapasukan GarudadiMesir(1973-1978) danVietnam(1973-1975) serta dalam operasi gabungan sebagai pasukan penjaga perdamaian dalam perang Iran-Irak antara1989dan1990.Tahun1984Pangkostradbertanggung jawab langsung kepada Panglima ABRI dalam operasi-operasi pertahanan dan keamanan. Sekarang ini Kostrad memiliki kekuatan pasukan sekitar 35.000 sampai 40.000 tentara dengan dua divisi infantri yaituDivisiSatu yang bermarkas di Cilodong,Jawa BaratdanDivisi Duayang bermarkas diSingosariKabupaten MalangJawa Timur. Setiap divisi memiliki brigade lintas udara dan brigade infantri.

2.DENJAKA
Detasemen Jala Mangkara(disingkatDenjaka) adalah sebuahdetasemenpasukan khususTNI Angkatan Laut. Denjaka adalah satuan gabungan antara personelKopaskadanTaifibKorps MarinirTNI-AL.
Anggota Denjaka dididik di Bumi MarinirCilandak,Jakarta Selatandan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan ini adalah 6 bulan. Intinya Denjaka memang dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di manasaja terutama anti teror aspek laut. Denjaka dibentuk berdasarkan instruksiPanglima TNIkepadaKomandan Korps MarinirNo Isn.01/P/IV/1984 tanggal13 November1984. Denjaka memiliki tugas pokok membina kemampuan antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai serta kemampuan klandestin aspek laut.

3.BRIGADE MOBIL (BRIMOB)
Korps Brigade Mobilatau sering disingkatBrimobadalah unit (Korps) tertua di dalamKepolisian Republik Indonesia(Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun1945. Korps ini dikenal sebagaiKorpsBaretBiru Tua.Brimob termasuk satuan elit (pasukan khusus) dalam jajaran kesatuanPOLRI. Brimob tergolong sebagai sebuah unitparamiliternegara ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya.

4.MARINIR
Korps Marinir TNI Angkatan Lautatau (Kormar) adalah salah satu komando utama (Kotama)TNI Angkatan Laut. Dalam struktur organisasi TNI AL,Korps Marinir adalah sebuah Komando Utama sejajar dengan Kotama lain seperti (Koarmatim,Koarmabar,Kolinlamil,Kobangdikal,SeskoaldanAAL). Kormar memiliki slogan "Jalesu Bhumyamca Jayamahe"yang artinya"Di Laut danDarat Kita Jaya". Markas Korps Marinir terletak diJalan Prajurit KKO Usman dan Harun,Kwitang,Jakarta Pusat.[1][2][3][4]Yang sebelumnya bernama Jalan Prapatan. Saat ini Korps Marinir terdiri dari dua Divisi:
*.Pasukan Marinir 1berada diGedangan,Sidoarjo,Jawa Timur
*.Pasukan Marinir 2berada diMarunda,Jakarta Utara

5.YONTAIFIB
Batalyon Intai Amfibiatau disingkatYonTaifibadalah satuan elit dalamKorps Marinirseperti halnyaGrup 3/Sandhi YudhaKopassus dalam jajaranTNI Angkatan Darat. Dahulunya satuan inidikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi). Untuk menjadi anggota YonTaifib,calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Salahsatu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km. Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk kedalamDetasemen Jala Mengkara, pasukan elitnyaTNI Angkatan Laut.

6.KOPASKA
Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaska didirikan  31 maret 1972 oleh Presiden sukarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya.
Saat ini Kopaska terbagi menjadi 2 Komando,Satuan Pasukan Katak Armatim di Ujung, surabaya dan Satuan Pasukan Katak Armabar di Pondok Dayung, jakarta utara. Tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.
7.KOPASSUS
Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki olehTNI Angkatan Darat,Indonesia.Kopassusmemiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Tugas Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan langsung untuk menghancurkanlogistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus). Selain itu, Tugas Kopasus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.PrajuritKopassusdapat mudah dikenali denganbaretmerah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baretmerah. Kopassus memiliki moto"Berani, Benar, Berhasil".


Ya sampai sini dulu, insyallah nanti admin update lebih lagi

Terimakasih

2 comments: